Penulis / NIM
SUSWATI PORINDO / 411406072
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Pembimbing 2 / NIDN
USMAN GANI / 0022065509
Abstrak
ABSTRAK
Hubungan antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran
Matematika Materi Volume Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kemandirian belajar
dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika volume kubus dan Balok ? Tujuan
penelitian ini adalah mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara kemandirian belajar dengan
hasil belajar dan memperoleh gambaran yang jelas mengenai hubungan kemandirian belajar siswa
terhadap hasil belajar mereka. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan
korelasional, dengan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo. Pengambilan sampel
dilakukan secara Proporsionate Random Sampling. Data dalam penelitian ini terdiri dari data hasil
belajar siswa dan data kemandirian belajar. Data ini dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi
hasil ujian mid semester dan instrumen angket berbentuk lembar pernyataan.
Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian yaitu analisis inferensial dengan
menggunakan uji regresi dan korelasi sederhana. Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat
hubungan positif antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
matematika materi volume kubus dan balok. Hubungan positif ini ditunjukan dengan koefisien
determinasi r sebesar 0.4761atau 47.61%.
Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Hasil Belajar
Download berkas