SKRIPSI

Penulis / NIM
ABDUL RAHMAN SAMAITU / 411407001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Pembimbing 2 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Abstrak
ABSTRAK ABDUL RAHMAN SAMAITU. 2015, Skripsi: Pengaruh Modelpembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Pada Materi Lingkaran (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII di SMP N 1 Bolaang Uki) Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perbedaan penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik siswa dengan penggunaan model pembelajaran konvensional pada materi lingkaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di SMP Negeri 1 Bolaang Uki berjumlah 123 orang dan terdistribusi pada 5 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple random sampling, sampel penelitian yang terpilih adalah kelas VIIIc dengan jumlah siswa 24 orang dikenakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan kelas VIIId dengan jumlah siswa 24 orang dikenakan pembelajaran konvensional. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen tes kemampuan berfikir dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui tabel distribusi frekuensi dengan mempersentasikan rata-rata dan analisis inferensial dilakukan melalui uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvesional. Temuan ini memperlihatkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih unggul dalam membelajarkan siswa pada materi lingkaran dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Karena itu disarankan kepada guru agar menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam membelajarkan siswa pada materi matematika yang memiliki karakteristik seperti materi lingkaran. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif dan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011