SKRIPSI

Penulis / NIM
AGUS HUSAIN / 411407009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YUS IRYANTO ABAS, M.Pd / 0015066204
Abstrak
Agus Husain. Penerapan Model Guided Discovery Learning pada Pokok Bahasan Luas Permukaan dan Volume Prisma Tegak dan Limas (Suatu Penelitian di SMP Negeri I Tilongkabila). SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model guided discovery learning dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, pada pokok bahasan luas permukaan dan volume prisma tegak dan limas. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tilongkabila Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 94 orang dan tersebar dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak. Kemudian, dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil random, kelas VIII1 terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model guided discovery learning sedangkan kelas VIII4 sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar. Tes diberikan kepada siswa yang berada di kelas eksperimen dan kontrol. Data hasil belajar kemudian di analisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui tabel dengan mempresentasekan rata-rata, dan analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model guided discovery learning lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, pada pokok bahasan luas permukaan dan volume prisma tegak dan limas. Kata Kunci: guided discovery learning, Prisma Tegak dan Limas.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011