Penulis / NIM
ALVIAN K. BADERAN / 411407011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
NANCY KATILI / 0030097902
Abstrak
ABSTRAK
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG POKOK BAHASAN BANGUN DATAR DI KELAS V SDN 9 LIMBOTO BARAT
ALVIAN K. BADERAN
411407011
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika pada materi bangun datar yang berorientasi model pembelajaran langsung untuk siswa SD kelas V.
Jenis penelitian yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar ini adalah jenis penelitian pengembangan (research and development). Beberapa tahap yang dilakukan dalam penelitian pengembangan ini adalah (1) Mengidentifikasi tujuan pembelajaran, (2) menganalisis pengajaran, (3) Menganalisis tingkah laku awal/karakteristik siswa, (4) Merumuskan tujuan pembelajaran, (5) Pengembangan tes acuan patokan (6) pengembangan bahan ajar, (7) pengembangan strategi pengajaran, (8) perancangan dan pelaksanaan evaluasi formatif, (9) Penulisan bahan ajar, (10) Revisi bahan ajar. Validasi bahan ajar dilakukan oleh para ahli/validator. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: lembar validasi para ahli, lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, tes hasil belajar dan angket respon siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa kualitas bahan ajar berorientasi model pemebelajaran langsung yang dikembangkan adalah baik dan telah memenuhi kelayakan sebagai bahan ajar pada mata pelajaran matematika kelas V SD Pokok Bahasan Bangun Datar. Implementasi bahan ajar berorientasi model pembelajaran langsung yang dikembangkan dapat dikatakan efektif menunjang kegiatan belajar mengajar. Hal ini terlihat dari peningkatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, peningkatan hasil belajar siswa, dan respon siswa yang baik terhadap pembelajaran.
Kata kunci: Model Pembelajaran Langsung
Download berkas