SKRIPSI

Penulis / NIM
EYLDI ELYADI HUSEN TANGAHU / 411407024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs. HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstrak
ABSTRAK Eyldi E. H. Tangahu, 2015. "Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita pada materi lingkaran di kelas VIII MTs Negeri Suwawa". Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd dan Pembimbing II, Dra. Kartin Usman, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita pada materi lingkaran di kelas VIII MTs Negeri Suwawa semester ke 2 untuk tahun pelajaran 2014/2015 dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Suwawa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Simple Random Sampling. Dari sampel yang terpilih, dipilih satu kelas menjadi kelas eksperimen, yaitu kelas yang diterapkan model pembelajaran berbasis masalah dan satu kelas sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Hipotesis dalam penelitian ini yakni terdapat pengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengukuran kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita yang berbentuk essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Sebelum melakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas data dan homogenitas varians. Hasil pengujian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan sampel yang dipilih berasal dari populasi yang homogen. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan taraf signifikan () 0,05 dan dk (n1 + n2 - 2). Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > ttabel yakni 2,15 > 1,68, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi lingkaran. Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011