Penulis / NIM
FENDI ALFI FAUZI / 411407030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
Fendi Alfi Fauzi, NIM. 411407030. “PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. (SUATU PENELITIAN PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 4 GORONTALO)”. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe NHT dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi dimensi tiga. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMA Negeri4 Gorontalo pada semester kedua untuk tahun pelajaran 2011/2012 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tekhnik purposive sampling. Hipotesis penelitian adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe NHT lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematikasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi dimensi tiga. Pengukuran kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dilakukan dengan menggunakan instrument tes pemecahan masalah berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen.
Sebelum melakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas data dan homogenitas varians.Hasil pengujian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan sampel berasal dari populasi yang homogen. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = (n1 + n2 – 2). Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe NHT lebih tinggi lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi dimensi tiga.
Kata kunci :Number Head Together, Dimensi tiga, Kemampuan pemecahan masalah.
Download berkas