Penulis / NIM
FITRIAWATI / 411407033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstrak
ABSTRAK
FITRIAWATI. NIM. 411 407 033. Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Pada Materi
Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Dengan Menggunakan Model Open-Ended Di Kelas VIII
SMP Negeri 3 Wonosari Kabupaten Boalemo. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika.
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. 2013.
Pembimbing I : Prof.Dr.Evi Hulukati,M.Pd dan Pembimbing II : Hj.Novianita
Achmad,S.si,M.Si.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah pemahaman matematika siswa pada materi
sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Negeri 3 Wonosari dapat
ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Open-Ended?”.. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa pada materi sistem persamaan linear
dua variabel dengan menggunakan model Open-Ended di kelas VIII1 SMP Negeri 3 Wonosari
Kabupaten Boalemo.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni metode penelitian tindakan kelas
dengan maksud untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa di kelas VIII1 SMP Negeri 3
Wonosari Kabupaten Boalemo melalui penggunaan model Open-Ended. Adapun teknik
pengumpulan data dan observasi di kelas VIII1 SMP Negeri 3 Wonosari Kabupaten Boalemo
melalui penggunaan model Open-Ended. Model pembelajaran Open-Ended merupakan
pembelajaran pendekatan terbuka yang memberikan kebebasan individu untuk mengembangkan
berbagai cara dan strategi pemecahan masalah sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa,
teknik analisis data menggunakan persentase.
Dari hasil pengamatan yang dilaksanakan sesudah dilakukan proses pembelajaran
penelitian terlihat jelas adanya peningkatan pemahaman matematika siswa dimana pada
pelaksanaan observasi awal terdapat 45%, siklus I terdapat 55%. Dan siklus II terdapat 80%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model Open-Ended dapat
meningkatkan pemahaman matematika siswa. Melihat keberhasilan dari pelaksanaan penelitian
ini maka hipotesis yang menyatakan “Dengan menggunakan model Open-Ended dalam
pembelajaran maka pemahaman matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua
variabel di SMP Negeri 3 Wonosari dapat ditingkatkan, dapat diterima.
Download berkas