SKRIPSI

Penulis / NIM
FITRIAWATI / 411407033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstrak
ABSTRAK FITRIAWATI. NIM. 411 407 033. Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Dengan Menggunakan Model Open-Ended Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Wonosari Kabupaten Boalemo. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Pembimbing I : Prof.Dr.Evi Hulukati,M.Pd dan Pembimbing II : Hj.Novianita Achmad,S.si,M.Si. Permasalahan penelitian ini adalah apakah pemahaman matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Negeri 3 Wonosari dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Open-Ended?”.. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan model Open-Ended di kelas VIII1 SMP Negeri 3 Wonosari Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni metode penelitian tindakan kelas dengan maksud untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa di kelas VIII1 SMP Negeri 3 Wonosari Kabupaten Boalemo melalui penggunaan model Open-Ended. Adapun teknik pengumpulan data dan observasi di kelas VIII1 SMP Negeri 3 Wonosari Kabupaten Boalemo melalui penggunaan model Open-Ended. Model pembelajaran Open-Ended merupakan pembelajaran pendekatan terbuka yang memberikan kebebasan individu untuk mengembangkan berbagai cara dan strategi pemecahan masalah sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa, teknik analisis data menggunakan persentase. Dari hasil pengamatan yang dilaksanakan sesudah dilakukan proses pembelajaran penelitian terlihat jelas adanya peningkatan pemahaman matematika siswa dimana pada pelaksanaan observasi awal terdapat 45%, siklus I terdapat 55%. Dan siklus II terdapat 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model Open-Ended dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa. Melihat keberhasilan dari pelaksanaan penelitian ini maka hipotesis yang menyatakan “Dengan menggunakan model Open-Ended dalam pembelajaran maka pemahaman matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di SMP Negeri 3 Wonosari dapat ditingkatkan, dapat diterima.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011