Penulis / NIM
HARSAD / 411407037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian dilakukan di kelas XII IPA 2 SMA Negeri 3 Gorontalo Utara
dengan jumlah siswa 32 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama terdiri dari tiga pertemuan
sedangkan siklus kedua terdiri dari tiga pertemuan. Instrumen dalam penelitian ini
berupa lembar observasi, catatan lapangan, dan tes tertulis. Pengumpulan data
dilakukan dengan cara observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Data yang
diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif pada setiap siklusnya.
Kesimpulan setelah pelaksanaan penelitian tindakan, yaitu (1)
Pembelajaran tipe Kepala Bernomor Terstruktur yang dapat meningkatkan
kemandirian belajar siswa dalam penelitian ini dilakukan dalam empat tahap,
yaitu penomoran, penugasan, diskusi kelompok, dan presentasi. Tahap penomoran
dimaksudkan untuk mempermudah koordinasi pembagian tugas pada siswa.
Tahap penugasan dimaksudkan agar siswa memiliki tanggung jawab
perseorangan. Pada tahap diskusi dimaksudkan untuk memberikan kesempatan
kepada siswa menjalin komunikasi berupa gagasan matematis dengan anggota
kelompoknya. Tahap presentasi dimaksudkan agar siswa memiliki ketrampilan
dalam menyampaikan hasil diskusinya dengan menggunakan bahasanya sendiri.
(2) Pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran tipe
Kepala Bernomor Terstruktur di kelas XII IPA 2 SMA Negeri 3 Gorontalo Utara
dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari: pada
lembar observasi kemandirian, rata-rata kemandirian belajar siswa mengalami
peningkatan dari 64,50% di siklus I menjadi 80,43% di siklus II dengan guru dan
siswa menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Kepala Bernomor
Terstruktur, siswa merasa senang belajar menggunakan model pembelajaran
3
Kepala Bernomor Terstruktur karena dengan berdiskusi siswa merasa lebih
mudah menyelesaikan tugas, terlatih dalam menyampaikan gagasan matematis,
terjalin ketergantungan positif, dan siswa memiliki tanggung jawab perseorangan.
Kata kunci: Kemandirian Belajar Siswa, Kepala Bernomor Terstruktur.
Download berkas