SKRIPSI

Penulis / NIM
I NYOMAN SANTIASA / 411407041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YUS IRYANTO ABAS, M.Pd / 0015066204
Abstrak
iv ABSTRAK I Nyoman Santiasa. 411407041.Skripsi” Pengaruh Media Animasi Macromedia flash 8 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wonosari Pada Materi Jarak Titik, Garis dan Bidang Dalam Ruang”. ”.Gorontalo.Jurusan Pendidikan matematika,Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,Universitas Negeri Gorontalo 2011. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah adanya suatu kenyataan dilapangan yang mengindikasikan lemahnya penguasaan materi dalam konsep geometri lebih khususnya materi jarak titik, garis dan bidang dalam ruang pada siswa kelas X sekolah menengah atas (SMA). Hal ini disebabkan karena kondisi belajar yang monoton serta kurang aktifnya siswa dalam melaksanakan pembelajaran terlebih lagi komunikasi antara guru dan siswa yang kurang terjalin bagus. Ini berakibat pada rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut ialah dengan menggunakan suatu media pembelajaran, dimana peneliti mencoba untuk menggunakan suatu program animasi dengan macromedia flash propesional 8. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “apakah hasil belajar siswa yang menggunakan media animasi macromedia flash propesianal 8 lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional dengan pemanfaatan media powerpoint pada materi jarak titik, garis dan bidang dalam ruang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari yang tersebar dalam 5 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 dan kelas X2 sebagai kelasa eksperimen dan kelas kontrol yang diundi secara random sampling. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial, menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media animasi macromedia flash propesional 8 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan pemanfaatan media powerpoint yaitu hasil nilai thitung=2,035 >ttabel=2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai thitung berada di daerah penerimaan H1. Dengan demikian hasilpenelitian ini memberikan interprestasi untuk menolak H0 dan menerima hipotesis tandingan H1. Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Media Animasi Macromedi Flash Propesianal 8
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011