Penulis / NIM
LILAN SRI ANINDITA UNI / 411407060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Pembimbing 2 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Abstrak
ABSTRAK
LILAN SRI ANINDITA UNI. 2014. Pengaruh Penerapan Model Quantum Teaching terhadap hasil Belajar siswa pada materi Sifat-sifat Bangun Datar. (Suatu Penelitian di SDN 01 Tilamuta).SKRIPSI. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Ali Kaku, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model Quantum Teaching dan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperiman dengan rancangan Post Test Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN 01 Tilamuta T.P 2012/2013. Pengambilan Sampel dilakukan secara Purposive Sampling.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada pokok bahasan sifat-sifat bangun datar. Data ini dikumpulkan dengan menggunakan instrument hasil belajar. Analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil pengujian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model Quantum Teaching lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Penbedaan tingginya hasil belajar siswa ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model Quantum Teaching yaitu 76,32 dan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 67,36
Dengan demikian hipotesis penelitian diterima dan disarankan kepada peneliti lainuntuk mengadakan penelitian lanjutan guna mengetahui keefektifan proses pembelajaran dengan menggunakan model Quantum Teaching.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan Model Quantum Teaching
Download berkas