SKRIPSI

Penulis / NIM
MARYAM / 411407066
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Pembimbing 2 / NIDN
NANCY KATILI / 0030097902
Abstrak
MARYAM. 2013. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah Pada Materi Teorema Phytagoras (Suatu Penelitian Terhadap Siswa Kelas VIII MTs. Muh. Sidomulyo T.P 2012/2013). SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd dan Pembimbing II Nancy Katili, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajarkan dengan metode pemecahan masalah pada materi teorema phytagoras. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Muhammadiyah Sidomulyo T.P 2012/2013 yang berjumlah 25 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dari hasil analisis pengamatan kegiatan guru dan pengamatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada siklus I dan siklus 2, serta data hasil evaluasi siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan teorema phytagoras. Data ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan test. Hasil data pada akhir pembelajaran siklus I menunjukkan bahwa 16 dari 25 siswa atau 64% memperoleh nilai ? 70 dan dinyatakan tuntas. Namun, karena sesuai dengan kriteria keberhasilan penelitian yang telah ditetapkan yakni ketuntasan 70% berarti persentase ketuntasan pada siklus I masih jauh dari harapan. Oleh karena itu pembelajaran dilanjutkan pada siklus 2. Berdasarkan analisis yang dilakukan pada akhir pembelajaran siklus 2 nampak bahwa 22 dari 25 siswa atau 88% dinyatakan tuntas karena telah memperoleh nilai ? 70. Hal ini berarti telah terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar 24%. Karena data hasil analisis telah mencapai kriteria keberhasilan yakni 70%, dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa dan Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011