SKRIPSI

Penulis / NIM
MASNUN HASAN SUMAR / 411407068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Abstrak
ABSTRAK Masnun Hasan Sumar :Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. (suatu penelitian pada peserta didik kelas X SMA N I Kabila). Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Pembimbing I Dr. Hi. Syamsu Qamar Badu, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Abd. Djabar Mohidin, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan tutor sebaya dan pendekatan ekspositori padapelajaran matematika pokok bahasan system persamaan linear dua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri I Kabila T.P 2011/2012.Dari Sembilan kelas yang ada maka diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen atau kelas perlakuan yang dikenakan pendekatan pembelajaran Tutor Sebaya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan tutor sebaya dan pendekatan ekspositori pada pelajaran matematika pokok bahasan system persamaan linear dua variabel. Langkah awal yang digunakan adalah dengan mengadakan uji coba terhadap instrumen, untuk mengetahui apakah instrumen tersebut dapat digunakan dalam pengambilan data pada penelitian ini, dengan menguji reliabilitas, validitas dan normalitas data. Pengujian normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dengan taraf signifikan 0,05. Setelah pada uji coba terbukti berdistribusi normal maka dilanjutkan dengan pengumpulan data. Dari data yang ada, hasil pengujian menunjukkan bahwa L0< Ldaftar , yang berarti data yang terkumpul berdistribusi normal. Setelah itu diadakan pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t dengan dk = (n1 + n2- 2). Hasil penghitungan menunjukkan bahwa thitung> tdaftar , yang berarti hipotesis penelitian yang diajukan diterima.Hal ini berarti bahwa terdapatperbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan tutor sebaya dan pendekatan ekspositori pada pelajaran matematika pokok bahasan system persamaan linear dua variabel. Kata kunci: Tutor sebaya, Hasil belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011