Penulis / NIM
MASNUN HASAN SUMAR / 411407068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Abstrak
ABSTRAK
Masnun Hasan Sumar :Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. (suatu penelitian pada peserta didik kelas X SMA N I Kabila). Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Pembimbing I Dr. Hi. Syamsu Qamar Badu, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Abd. Djabar Mohidin, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan tutor sebaya dan pendekatan ekspositori padapelajaran matematika pokok bahasan system persamaan linear dua variabel.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri I Kabila T.P 2011/2012.Dari Sembilan kelas yang ada maka diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen atau kelas perlakuan yang dikenakan pendekatan pembelajaran Tutor Sebaya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan tutor sebaya dan pendekatan ekspositori pada pelajaran matematika pokok bahasan system persamaan linear dua variabel.
Langkah awal yang digunakan adalah dengan mengadakan uji coba terhadap instrumen, untuk mengetahui apakah instrumen tersebut dapat digunakan dalam pengambilan data pada penelitian ini, dengan menguji reliabilitas, validitas dan normalitas data. Pengujian normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dengan taraf signifikan 0,05. Setelah pada uji coba terbukti berdistribusi normal maka dilanjutkan dengan pengumpulan data.
Dari data yang ada, hasil pengujian menunjukkan bahwa L0< Ldaftar , yang berarti data yang terkumpul berdistribusi normal. Setelah itu diadakan pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t dengan dk = (n1 + n2- 2). Hasil penghitungan menunjukkan bahwa thitung> tdaftar , yang berarti hipotesis penelitian yang diajukan diterima.Hal ini berarti bahwa terdapatperbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan tutor sebaya dan pendekatan ekspositori pada pelajaran matematika pokok bahasan system persamaan linear dua variabel.
Kata kunci: Tutor sebaya, Hasil belajar
Download berkas