Penulis / NIM
MEISIN UNA / 411407069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Abstrak
Meisin Una, 2013. Hubungan antara Gaya Kognitif Siswa dengan Hasil Belajar Matematika (Suatu Penelitian Survei dengan Pendekatan Korelasional pada Siswa VIII di SMP Negeri 1 Tilong Kabila Tahun Pelajaran 2012-2013). Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dr. Hi. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, (2) Dr.Abdul Djabar Mohidin, M.Pd.
Kata kunci: Gaya Kognitif, Hasil Belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Gaya Kognitif siswa dengan hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Tilongkabila kelas VIII Tahun Pelajaran 2012-2013 sebanyak 120 orang yang tersebar pada 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara proportionate random sampling sebanyak 25% dari banyaknya populasi sehingga diperoleh sampel sebanyak 30 orang. Analisis data penelitian ini dilakukan secara analisis deskriptif dan analisis inferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi dan korelasi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara gaya kognitif siswa dengan hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil temuan, maka disarankan kepada guru agar dalam pembelajaran matematika, sebaiknya guru perlu merancang mengembangkan dan mengelola pembelajaran secara variatif disesuaikan dengan karakteristik siswa dan materi pelajaran yang disajikan agar dapat menjangkau kedua tipe gaya kognitif peserta didik yaitu field independent (gaya kognitif yang cenderung memiliki kamampuan menganalisis) dan field dependent (gaya kognitif cenderung kurang kritis)
Download berkas