Penulis / NIM
FELMING SAPUTRA DAUD / 411407137
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Pembimbing 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstrak
ABSTRAK
Daud, Felming S. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Bilangan Riil Melalui Pemberian Tugas Pada Setiap Akhir Pembelajaran Matematika. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing utama Dra. Lailany Yahya, M.Si Pembimbing Pendamping Nurwan, M.Si.
Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah pemberian tugas pada setiap akhir pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi operasi bilangan riil pada kelas X SMK Negeri 1 Pulubala? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang hasil belajar siswa pada operasi bilangan riil setelah diterapkan pemberian tugas pada setiap akhir pembelajaran.
Metode penelitian dilakukan dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Jenis PTK yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas partisipan, karena peneliti terlibat langsung dalam proses penelitian mulai dari awal sampai berakhirnya penelitian. PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus diadakan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data berdasarkan instrumen berupa tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa di Kelas X SMK Negeri 1 Pulubala setelah diterapkan pemberian tugas pada setiap akhir pembelajaran pada materi operasi bilangan riil. Hal ini dapat dilihat pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas sampai mencapai dua siklus karena pada siklus I kegiatan pembelajaran melalui pemberian tugas pada setiap akhir pembelajaran belum mencapai indikator kinerja penelitian. Setelah diadakan refleksi, dimana proses pembelajaran telah diadakan pembaharuan pelaksanaan tindakan pada siklus II, maka prestasi belajar siswa meningkat, sehingga penetapan hipotesis tindakan penelitian terbukti dan dapat diterima secara ilmiah.
Kata Kunci: Pemberian tugas pada setiap akhir pembelajaran, bilangan riil, hasil belajar.
Download berkas