SKRIPSI

Penulis / NIM
FELMING SAPUTRA DAUD / 411407137
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Pembimbing 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstrak
ABSTRAK Daud, Felming S. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Bilangan Riil Melalui Pemberian Tugas Pada Setiap Akhir Pembelajaran Matematika. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing utama Dra. Lailany Yahya, M.Si Pembimbing Pendamping Nurwan, M.Si. Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah pemberian tugas pada setiap akhir pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi operasi bilangan riil pada kelas X SMK Negeri 1 Pulubala? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang hasil belajar siswa pada operasi bilangan riil setelah diterapkan pemberian tugas pada setiap akhir pembelajaran. Metode penelitian dilakukan dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Jenis PTK yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas partisipan, karena peneliti terlibat langsung dalam proses penelitian mulai dari awal sampai berakhirnya penelitian. PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus diadakan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data berdasarkan instrumen berupa tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa di Kelas X SMK Negeri 1 Pulubala setelah diterapkan pemberian tugas pada setiap akhir pembelajaran pada materi operasi bilangan riil. Hal ini dapat dilihat pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas sampai mencapai dua siklus karena pada siklus I kegiatan pembelajaran melalui pemberian tugas pada setiap akhir pembelajaran belum mencapai indikator kinerja penelitian. Setelah diadakan refleksi, dimana proses pembelajaran telah diadakan pembaharuan pelaksanaan tindakan pada siklus II, maka prestasi belajar siswa meningkat, sehingga penetapan hipotesis tindakan penelitian terbukti dan dapat diterima secara ilmiah. Kata Kunci: Pemberian tugas pada setiap akhir pembelajaran, bilangan riil, hasil belajar.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011