SKRIPSI

Penulis / NIM
AHMAD ASSEL / 411408003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
ABSTRAK Ahmad Assel. 2012. Analisis Pemahaman Konsep Persamaan Linear Satu Variabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Gorontalo Tahun palajaran 2011/2012. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Ali Kaku, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Yamin Iamail, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan siswa kurang memahami penyelesaian soal matematika terutama pada persamaan linear satu variabel, tipe soal yang kurang di pahami siswa, dan hal-hal yang perlu diperbaiki agar siswa mudah menyelesaikan soal persamaan linear satu variabel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 kota gorontalo tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 380 orang siswa dan sampel sebanyak 38 orang siswa. Dalam rangka pengumpulan data, langkah awal yang di gunakan yaitu pemberian tes. Hasil tes yang diperoleh untuk melihat kurangnya pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal-sola matematika khususnya pada persamaan linear satu variabel. Langkah selanjutnya yaitu memilih 3 orang subjek penelitian yang telah dikelompokan kedalam tiga kelompok yaitu kelompok atas, kelompok sedang, kelompok bawah berdasarkan skor yang diperoleh. Berdasarkan hasil pekerjaan subjek, ketiga subjek penelitian tersebut diwawancara untuk menjaring imformasi yang mendalam dan sebanyak-banyaknyanya tentang pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal persamaan linear satu variabel. Berdasarkan analisis terhadap kemampuan siswa saat tes maupun wawancara masih rendah atau sekitar 63,15%, maka terdapat beberapa faktor yang perlu dipahami dalam mengenal, menyelesaikan dan memecahkan soal-soal yang berbentuk persamaan linear satu variabel yaitu kemampuan siswa dalam memahami soal, kemampuan dalam menyusun penyelesaian, kemampuan dalam melakukan penyelesaian dan kemampuan mengecek kembali dan menyimpulkan. Untuk meminimalkan kurangnya pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal matematika khususnya pada persamaan linear satu variabel, siswa senantiasa dibiasakan untuk melakukan banyak latihan mengerjakan berbagai bentuk soal persamaan linear satu variabel. Kata Kunci : Pemahaman konsep persamaan linear satu variabel
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011