SKRIPSI

Penulis / NIM
APRI JUMIANI / 411408006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YUS IRYANTO ABAS, M.Pd / 0015066204
Abstrak
ABSTRAK Apri Jumiani. NIM. 411 408 006. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Bilangan Pecahan pada Kelas V (Suatu Penelitian pada kelas V SDN 80 Kota Tengah Gorontalo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IPA. Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Pembimbing I: Dr. Ali Kaku, M.Pd, Pembimbing II: Drs. Yus Iryanto Abas, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Jenis-jenis kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan? Dan Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan ?. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis kesalahan-kesalahan dan faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa, Mengetahui letak kesalahan paling banyak yang dilakukan siswa kelas V SD, serta untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal bentuk pecahan dan meminimalisir kesalahan dalam pemahaman konsep, perhitungan dan menentukan nilai tempat. Meode penelitian adalah deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SDN 80 Kota Tengah Gorontalo. Subjek penelitian adalah 34 orang siswa kelas V tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan presentase kesalahan siswa pada objek langsung matematika (konsep, operasi hitung dan nilai tempat). Pada aspek konsep 70,58%, pada aspek operasi hitung 43,01% dan aspek nilai tempat 23,89%. Penyebab kesalahan siswa kurang teliti, tidak memahami konsep, tidak menguasai materi prasyarat, terburu-buru dan kurang konsentrasi dalam melakukan perhitungan serta siswa tidak belajar sama sekali. Berdasarkan hasil temuan penelitian , kesalahan terbanyak adalah kesalahan konsep sehingga disarankan pembelajaran lebih menekankan pada pemahaman konsep sehingga siswa tidak hanya menghafal dan coba-coba dalam menyelesaikan soal serta hendaknya diawal materi guru mengulas kembali materi prasyarat yang sangat berkaitan dengan materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. Kata kunci : Penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan, jenis kesalahan siswa dan faktor penyebab kesalahan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011