SKRIPSI

Penulis / NIM
ARI RUDIANSYAH / 411408008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YUS IRYANTO ABAS, M.Pd / 0015066204
Abstrak
ABSTRAK Ari Rudiansyah, NIM 411408008. “PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG PECAHAN KELAS V SD”. Skripsi, Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Operasi hitung pecahan merupakan materi yang membutuhkan visualisasi yang jelas dalam pembelajarannya. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media yang dapat memvisualisasikan operasi hitung pecahan dengan jelas dan mudah dipahami siswa. Salah satu upayanya adalah menggunakan media komik pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media komik pembelajaran matematika pada sub pokok bahasan operasi hitung pecahan kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan produk berupa media komik pembelajaran matematika pada sub pokok bahasan operasi hitung pecahan. Pengembangan media ini mengacu pada model pengembangan model Four-D (Define, Design, Develop, and Disseminate) yang meliputi 4 tahap yaitu Difine (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini adalah selruh siswa kelas V SD No 20 Dungingi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian pengembangan media komik pembelajaran matematika adalah: analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis materi, analisis tugas, tujuan instruksional khusus, merancang media dengan membuat komik, mengembangkan media dengan menggunakan komik, uji coba media komik di SD No 20 Dungingi, menganalisis media komik pembelajaran matematika dengan validasi para ahli dan angket respon siswa. Hasil analisis lembar validasi menunjukkan bahwa media komik dapat digunakan, dan analisis angket respon siswa menunjukkan bahwa semua aspek respon siswa lebih dari 80 %. Ini menunjukkan bahwa media komik sudah baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika di kelas V SD. Kata kunci: Komik, Operasi hitung Pecahan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011