Penulis / NIM
ASRIYANI DIYAYI / 411408011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs. HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstrak
Asriyani Diyayi, 2012. Hubungan Kemandirian Belajar dan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X (Suatu Penelitian di MA AL Falah Limboto Barat). Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Prof. Dr. H. Hamzah B. Uno, M.Pd, (2) Hj. Novianita Achmad, S. Si, M. Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan korelasional melalui survey lapangan. Adapun tehknik pengumpulan data adalah melalui angket dan tes hasil belajar. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Sampel penelitian sebanyak 55 siswa atau seluruh siswa kelas X di MA AL Falah Limboto Barat.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa (a) Terdapat hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,509; (b) Terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,298; (c) Terdapat hubungan kemandirian belajar dengan kecerdasan emosional siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,425; (d) Terdapat hubungan kemandirian belajar dan kecerdasan emosional siswa secara bersama dengan hasil belajar matematika siswa dengan nilai korelasi gandanya sebesar 0,517 serta signifikan yang dilihat pada nilai Fhitung sebesar 9,485.
Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar
Download berkas