Penulis / NIM
AYU SUCIANINGSIH SENGANG / 411408014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Pembimbing 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstrak
PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMK NEGERI 1 BOALEMO(Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas XIIBisnis
dan Manajemendi SMK Negeri 1 Boalemo)
Ayu Sucianingsih Sengang ;Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd ;
Hj. Novianita Achmad, S.Si., M.Si
Jurusan Pend. Matematika, F.MIPA Universitas Negeri Gorontalo
Email: shucia91@gmail.com
ABSTRACT
This study is an experimental research with the purpose to compare the ability of students who were taught by the problem solving method and students who were taught with constructivist learning method.
The population and samples of this research was students of XII grades in Business and Management class at SMK Negeri 1 Boalemo which consist of 99 people spread in 4 classes. Sampling was done by using simple random sampling technique. From this population, we randomly selected 2 classes, to determine which classes will be given treatment. Based on the results of random choosing, XIIA class was selected as the experimental class which taught using problem solving while XIIB class as a class taught by constructivist learning.
The instrument of this research was a problem solving ability test. The result of the test, obtained later in descriptive and inferential analysis. Descriptive analysis is done throughtest analyzed problem solving capabilities data through a table with the average percentage. While inferential analysis performed using the t test to test the research hypothesis. The results showed that there were significant effects in both experiment and control groups after the treatment was given which showed that problem solving ability of students' that taught with problem solving method are higher than students who were taught with constructivist learning method, and problem solving method is effective in teaching statistic subject.
Keywords: Methods of Problem Solving, Problem Solving Ability Mathematics, Statistics
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan metode problem solving dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konstruktivistik, pada materi statistika, pokok bahasan ukuran pemusatan data.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas XII Bisnis dan Manajemen di SMK Negeri 1 Boalemo Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 99 orang dan tersebar dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak. Kemudian, dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil random, kelas XIIA terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan metode problem solving sedangkan kelas XIIB sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran konstruktivistik.
Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah. Data yang didapatkan kemudian di analisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui data hasil tes kemampuan pemecahan masalah yang dianalisis melalui tabel dengan mempresentasekan rata-rata. Sedangkan analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalahsiswa yang diajar dengan metode problem solving lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konstruktivistik, dan metode problem solving efektif dalam mengajarkan materi statistika, pokok bahasan ukuran pemusatan data.
Kata Kunci : Metode Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika, Statistika
Download berkas