Penulis / NIM
DESSY DELVIANA BUDIMAN / 411408017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstrak
ABSTRAK
DESSY DELVIANA BUDIMAN. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Konstruktivis Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga Biru). Skripsi.Jurusan pendidikan matematika, Fakultas Matematika dan ilmu pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo 2012.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan pembelajaran konstruktivis lebih efektif daripada pembelaran konvensional pada materi Bangun Ruang terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga Biru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas pendekatan pembelajaran konstruktivis pada materi Bangun Ruang.
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 12 mei 2012 sampai dengan tanggal 21 mei 2012 bertempat di SMP Negeri 2 Telaga Biru. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga Biru tahun ajaran 2011/2012, sampelnya adalah siswa kelas VIII1 DAN VIII3 yang diperoleh melalui tahap penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen secara random. Instrumen penelitian berupa soal essay tes sebanyak 8 nomor yang dilaksanakan setelah perlakuan, kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial.
Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah “Pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan pembelajaran konstruktivis lebih efektif daripada pembelajaran matematika dengan menerapkan pembelajaran konvensional dalam pencapaian hasil belajar pada materi bangun ruang”. Untuk mengetahui pengujian hipotesis ini maka langkah awal yang dilakukan adalah pengujian homogenitas, setelah diketahui data berasal dari populasi yang homogen. Maka langkah selanjutnya adalah uji normalitas data, setelah diketahui data berdistribusi normal maka kita dapat menggunakan uji statistik parametrik. Selanjutnya kita dapat menggunakan uji t dengan kriteria pengujian Terima jika hitung dimana
Dari penelitian ini diperoleh nilai sehingga dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima atau dengan kata lain hipotesis diterima yaitu penerapan pendekatan pembelajaran konstruktivis lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional dalam mengajarkan materi bangun ruang pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Telaga Biru
Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran Konstrukivis, Hasil belajar siswa, Bangun Ruang
Download berkas