Penulis / NIM
DEVI OLIVIA PODUNGGE / 411408018
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Pembimbing 2 / NIDN
USMAN GANI / 0022065509
Abstrak
ABSTRAK
Devi Olivia Podungee. Nim: 411 408 018. “Deskripsi Pelaksanaan Lesson Study Pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Menengah Tingkat Atas Kabupaten Gorntalo“. Sebagai Pembimbing I: Drs. Franky A. Oroh, M.Si dan Sebagai Pembimbing II: Drs. Usman Gani
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan seperti apa penerapan Lesson Study serta pelaksanaannya pada mata pelajaran matematika di sekolah menengah tingkat atas yang ada di kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif kualitatif, dengan menggunakan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian mengemukakan bahwa untuk penerapan Lesson Study di sekolah-sekolah menengah tingkat atas Kabupaten Gorontalo belum begitu optimal. Dari 10 sekolah yang dijadikan subjek penelitian ternyata hanya 4 sekolah yang telah menerapkan Lesson Study. Sementara untuk pelaksanaannya pada mata pelajaran matematika sendiri baru dailakukan oleh satu sekolah. Pelaksanaan Lesson Study untuk mata pelajaran matematika sudah sesuai dengan prosedur yang ada. Mulai dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, hingga refleksi telah dilakukan dengan baik sesuai dengan teori-teori yang mendukung. Namun Peningkatan hasil belajar siswa pada pelaksanaan Lesson Study tidak begitu signifikan. Guru menganggap kegiatan tersebut tidak memiliki perngaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa sehingga Lesson Study jarang dilakukan.
Kata kunci : Lesson Study, Mata pelajaran matematika
Download berkas