Penulis / NIM
DIAN PUSPAPRATIWI / 411408019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs. HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstrak
DIAN PUSPAPRATIWI. 2012. Hubungan Penggunaan Tes Formatif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika (Suatu Penelitian Survei Dengan Pendekatan Korelasional pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Telaga Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi, Jurusan Matematika, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1)Prof. Dr. H. Hamzah B. Uno, M.Pd, (2) Drs. Franky Alfrits Oroh, M. Si
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penggunaan tes formatif terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Telaga Tahun Pelajaran 2011-2012 sebanyak 239 orang yang tersebar pada 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara proportional random sampling sebanyak 25% dari banyaknya populasi sehingga diperoleh sampel sebanyak 60 orang. Analisis data penelitian ini dilakukan secara analisis deskriptif dan analisis inferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi dan korelasi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara penggunaan tes formatif dengan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil temuan, maka disarankan kepada guru agar dalam setiap proses pembelajaran selalu berusaha memperhatikan strategi dalam memberikan tes formatif pada setiap akhir pembelajaran agar siswa mempunyai pengaruh positif terhadap motivasi belajar matematika. Selain kepada guru, siswa juga diharapkan dapat berperan aktif sehingga dapat terjadi umpan balik dalam setiap proses pembelajaran yang berlangsung.
Kata kunci: Tes Formatif dan Motivasi Belajar
Download berkas