Penulis / NIM
DINNY MUKTI RAHMAHWATI / 411408020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstrak
ABSTRAK
Dinny Mukti Rahmahwati. 2015. Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Telaga (Suatu Penelitian pada Siswa kelas XI Ilmu Alam di SMA Negeri 1Telaga). SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (I) Drs. Frangky A. Oroh, M.Si, (II) Drs. Majid M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif numbered heads together dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran direct interaction, pada materi rumus trigonometri dan penggunaanya.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas XI Ilmu Alam di SMA Negeri 1 Telaga Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 167 orang dan tersebar dalam 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak. Kemudian, dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil random, kelas XI IA 1 terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model kooperatif numbered heads together sedangkan kelas XI IA 5 sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran pembelajaran direct interaction.
Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar. Data yang didapatkan kemudian di analisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui data hasil belajar siswa yang dianalisis melalui tabel dengan mempresentasekan rata-rata. Sedangkan analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model kooperatif numbered heads together lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran direct interaction, dan model kooperatif numbered heads together efektif dalam mengajarkan materi rumus trigonometri dan penggunaanya.
Kata Kunci : Model Kooperatif Numbered Heads Together, Hasil Belajar, Menurunkan Rumus Trigonometri dan Penggunaannya
Download berkas