Penulis / NIM
DJEINAL AKU / 411408021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstrak
ABSTRAK
Djeinal Aku. "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Relasi dan Fungsi Melalui Model Pembelajaran Kooprati Tipe Team Assisted Individualization (TAI)". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Niversitas Negeri Gorontalo,2015.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi relasi dan fungsi dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP N 2 Bolangitang Barat tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pegamatan atau observasi dan pemberian tes di setiap akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 14 dari 26 siswa memperoleh nilai diatas 75 dengan presentase 53,85%. Persentase keberhasilan siswa pada siklus 1 ini belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, untuk itu perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Pada siklus II, Hasil menunjukan bahwa 24 dari 26 siswa memperoleh nilai diatas 75 dengan presentase 92,31% dan dinyatakan tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization pada materi Relasi dan Fungsi, hasil belajar matematika siswa kelas VIII-C SMP N Bolangitang Barat dapat meningkat.
Kata kunci: Hasil belajar matematika,relasi dan fungsi,Team Assisted Individualization(TAI).
Download berkas