Penulis / NIM
ENGGA SUSANTO PALAKUM / 411408022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Pembimbing 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstrak
ABSTRAK
Engga S. Palakum Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keliling dan Luas Segitiga Melalui Metode Pemecahan Masalah Polya SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VII D di SMP Negeri 3 Gorontalo khususnya pada materi Keliling dan Luas Segitiga melalui pembelajaran dengan metode pemecahan masalah Polya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru mata pelajaran matematika dan peneliti. Penelitian ini berlangsung pada 21 Mei 2013 sampai 20 Juni 2013.
Metode pemecahan masalah Polya merupakan pemecahan masalah sebagai suatu usaha mencari jalan keluar dari suatu kesulitan guna mencapai suatu tujuan yang tidak begitu mudah segera dapat dicapai. Hasil dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa metode pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukan oleh hasil belajar siswa yaitu 18 dari 30 siswa yang dikenakan tindakan atau 60% memperoleh nilai 75. ke siklus II 28 dari 30 siswa yang dikenakan tindakan atau 93,33% memperoleh nilai 75. Sehingga indikator yang diharapkan telah tercapai berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.
Berdasarkan hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pemeccahan masalah Polya hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas segitiga dapat ditingkatkan. Oleh sebab itu metode pemecahan masalah Polya dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi keliling dan luas segitiga.
Kata kunci: Hasil belajar, keliling dan Luas Segitiga, Metode Pemecahan Masalah Polya
Download berkas