Penulis / NIM
FATMAH PAUDI / 411408026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
ABSTRAK
Fatmah Paudi. Penerapan Metode Proyek Dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Ali Kaku, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Yamin Ismail, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa yang menerapkan metode pembelajaran proyek dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional, pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan Post Test Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 384 siswa dan tersebar dalam 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Simple Random Sampling.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Data ini dikumpul dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar. Analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menerapkan metode pembelajaran proyek lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menerapkan metode pembelajaran konvensional. Perbedaan hasil belajar siswa ini ditunjukkan dengan skor rata-rata hasil belajar siswa yang menerapkan metode pembelajaran proyek adalah 59,50 dan skor rata-rata hasil belaajr siswa yang menerapkan metode pembelajaran konvensional adalah 44,49.
Dengan demikian hipotesis penelitian diterima dan disarankan kepada peneliti lain untuk mengadakan penelitian lanjutan guna mengetahui keefektifan proses pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran proyek.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan Metode Pembelajaran Proyek
Download berkas