Penulis / NIM
FATMAWATI RAIS DULAH / 411408027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
ABSTRAK
Fatmawati, 2012. Deskripsi Konsep Diri Siwa Kelas V SDIT Lukmanul Hakim Tahun Pelajaran 2011-2012). Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd, (2) Drs. Yamin Ismail, M.Pd.
Kata kunci: Konsep diri
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep diri yang dimiliki siswa kelas V SDIT Lukmanul Hakim dalam pembelajaran matematika.. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDIT Lukmanul Hakim sebanyak 20 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Population Sampling yaitu dengan mengambil seluruh populasi sebanyak 20 orang. Dat penelitian dikumpul melalui angket yang disusun dengan skala 4 (empat). Analisis data penelitian ini dilakukan secara analisis deskriptif dan analisis inferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan uji-t satu sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lebih dari 60% siswa kelas V SDIT Lukmanul Hakim memiliki konsep diri positif dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil temuan, maka disarankan kepada guru Hendaknya lebih memperhatikan konsep diri siswa, karena dengan konsep diri yang dimiliki siswa maka akan berpengaruh terhadap tanggapan siswa dalam pelajaran matematika. Hal ini dapat dibantu dengan sistem bimbingan dan pengajaran dari pihak akademis. Selain kepada guru, siswa juga hendaknya berusaha memperbaiki konsep diri yang ada pada dirinya. Tingkat konsep diri siswa dapat dikembangkan dengan melatih dan membiasakan diri untuk memahami dan mengenal diri
Download berkas