SKRIPSI

Penulis / NIM
FENTY HUSAIN / 411408030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstrak
ABSTRAK Fenty Husain, Nim 411408030, Judul Skripsi “ Deskripsi Karakter Tanggung Jawab Siswa dalam Pembelajaran matematika, (suatu penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo)”. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd, Pembimbing II Dra. Kartin Usman, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar karakter tanggung jawab yang dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 8 Gorontalo, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 8 Kota Gorontalo sebanyak 259 orang, pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Sampling yaitu dengan mengambil tiga kelas sebagai sampel penelitian. Data dikumpul melalui angket yang disusun dalam skala 4 (empat). Analisis data penelitian ini dilakukan secara analisis data deskriptif dan inferenasial. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t satu sampel. Hasil penelitian menjelaskan bahwa lebih dari 60% siswa kelas VIII SMP 8 Kota Gorontalo memiliki Karakter Tanggung Jawab dalam Pembelajaran Matematika. Berdasarkan hasil temuan ini disarankan jika selama ini matematika lebih dominan pada ranah kognitif maka sudah saatnya untuk mengupas ranah-ranah lainnya, dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika. Kata kunci : Karakter, Tanggung Jawab, Matematika.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011