Penulis / NIM
FITRIYANTI MAHAJANI / 411408032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs KARIM NAKII, M.Pd / 0005016304
Pembimbing 2 / NIDN
NANCY KATILI / 0030097902
Abstrak
Fitriyanti Mahajani, 2013. Deskripsi Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika (Suatu Penelitian di Kelas VII SMP Negeri 6 Gorontalo). Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Drs. Karim NakiI, M.Pd dan (2) Nancy Katili, S.Pd., M.Pd
Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan gaya belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 6 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dalam bentuk persentase melalui instrumen penelitian berupa angket. Populasi terjangkau dalam penelitian adalah seluruh Siswa kelas VII SMP Negeri 6 Gorontalo yang berjumlah 385 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara proportianate random sampling sebanyak 15% dari banyaknya populasi sehingga diperoleh sampel sebanyak 58 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gaya belajar siswa pada mata mata pelajaran matematika dalam kategori baik. Sebesar 66% memiliki gaya belajar visual, 23% memiliki gaya belajar auditori, dan 11% memiliki gaya belajar kinestik. Berdasarkan hasil temuan disarankan kepada guru menyesuaikan cara mengajar dengan gaya belajar siswa. sehingga proses belajar mengajar lebih efektif.
Kata Kunci : Gaya Belajar Siswa
Download berkas