Penulis / NIM
HASNA DAIM / 411408038
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs KARIM NAKII, M.Pd / 0005016304
Pembimbing 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstrak
ABSTRAK
Hasna Daim. Penerapan Media Audio-Visual pada operasi hitung pecahan kelas V SD (Suatu Penelitian pada siswa kelas V SD di SDN 1 Iluta dan SDN 2 Barakati). SKRIPSI.Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan Media audio-visual dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan Media pembelajaran konvensional, pada pokok bahasan operasi hitung pecahan kelas V SD.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Gugus Dua kecamatan Batudaa, tahun pelajaran 2011/2012 pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Dari populasi ini diambil 2 sekolah dan ditentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. Berdasarkan teknik tersebut kelas V SDN 1 Iluta terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan Media pembelajaran audio-visual sedangkan kelas V SDN 2 Barakati sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional.
Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar. Tes diberikan kepada siswa yang berada dikelas eksperimen dan kontrol. Data hasil belajar kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui tabel dengan mempresentasikan rata-rata dan analisis inferensial dilakukan dengan menggunkan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan media pembelajaran audio-visual lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, pada materi operasi hitung pecahan.
Kata Kunci: Media Audio-Visual, Pembelajaran Konvensional,Hasil Belajar Siswa.
Download berkas