Penulis / NIM
HERMAN SUSANTO BUHUNGO / 411408041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Pembimbing 2 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Abstrak
Herman Susanto Buhungo. 2012. Analisis Miskonsepsi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Berbentuk Cerita Pada Pokok Bahasan Trigonometri. (studi kasus yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo Kelas X Tahun Ajaran 2011-2012). Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Dr. Abd. Djabar Mohidin, M.Pd, (2) Drs. Abdul Wahab Abdullah, M.Pd.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hal apa yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi siswa pada materi trigonometri dan mengetahui upaya apa yang harus dilakukan dalam mengatasi terjadinya miskonsepsi siswa pada materi trigonometri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deksripsi kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Variabel dalam penelitian ini adalah miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal uraian berbentuk cerita pada meteri trigonometri. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas X-1 yang berjumlah 29 orang siswa. Data dalam penelitian ini terdiri dari data tes siswa pada materi trigonometri dan data wawancara siswa.
Analisis data menggunakan metode analisis kualitatif model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur yang terjadi secara bersamaan, yaitu (1) reduksi data. (2) penyajian (display) data, serta (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi miskonsepsi yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal uraian berbentuk cerita pada materi trigonometri. Hasil ini ditunjukan dengan hasil tes siswa yang disertai Certainty of Response Index (CRI) dan hasil wawancara siswa yang mengalami miskonsepsi.
Kata Kunci : Miskonsepsi, Soal Uraian Bentuk Cerita, Trigonometri.
Download berkas