Penulis / NIM
HESTI / 411408043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
ABSTRAK
Hesti. NIM 411 408 043. Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bonepantai. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo 2012. Pembimbing: (1) Dr. Abd Djabar Mohidin, M.Pd, (2) Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bonepantai. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, untuk menggambarkan kemampuan komunikasi matematika siswa dalam pembelajaran matematika. Smpel yang dignakan dalam penelitian ini sebanyak 25 siswa, data diperoleh dengan melakukan wawancara dan pemberian tes. Indikator untu melihat kemampuan komunikasi matematika siswa adalah 1) bekerjasama untuk memahami matematika, 2) mampu menentukan kebenaran suatu pernyataan matematis, 3) memberikan alasan matematis untuk setiap solusi yang dikemukakan, 4) menduga, menemukan, dan memecahkan masalah matematika, 5) menghubungkan ide-ide matematika dan aplikasinya. Berdasarkan hasil temuan, bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bonepantai dilihat dari 5 indikator sebelumnya siswa masih kurang mampu menduga, menemukan, dan memecahkan masalah matematika dan siswa mengalami kekeliruan dalam hal pengoperasian matematika. Faktor penyebab adalah kurangnya guru dalam memberikan soal yang berhubungan dengan aplikasi dan soal yang dikemas dalam bentuk cerita. Maka disarankan kepada tenaga pengajar/guru sebagai tenaga pendidik, hendaknya memperhatikan keterlibatan atau partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika, dan guru juga sering memberikan soal matematika yang berhubungan dengan aplikasi dalam bentuk cerita.
Kata Kunci: Komunikasi Matematika
Download berkas