Penulis / NIM
I MADE MUSWIJAYA / 411408044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Pembimbing 2 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Abstrak
Muswijaya, I Made. 2012. Validasi Perangkat Tes Ujian Akhir Sekolah Mata Pelajaran Matematika Tingkat SMP. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing Utama : Dr. Abd. Djabar Mohidin, M.Pd
Pembimbing Pendamping : Drs. Sumarno Ismail, M.Pd
Tes merupakan alat ukur yang memiliki peranan sangat sentral dalam melakukan pengukuran didunia pendidikan, sehingga kualitas dan perannya sangat dituntut agar dapat memberikan informasi yang sesuai dengan kenyataan, dan untuk mengetahui seberapa besar kualitas dan peranan tes dalam melakukan pengukuran maka perlu dilakukan evaluasi dalam hal ini memvalidasi kembali perangkat tes yang telah diujikan. Berdasarkan penuturan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Wonosari bahwa perangkat tes UAS mata pelajaran matematika yang diujikan di SMPN 1 Wonosari tidak pernah divalidasi kembali sebagai bentuk evaluasi oleh pihak sekolah, pemerhati pendidikan maupun team perumus soal sehingga tidak dapat diketahui seberapa baik tes tersebut telah dapat menjalankan fungsinya sebagai suatu alat ukur, menyikapi hal ini maka penulis tertarik melakukan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan hasil validasi perangkat tes ujian akhir sekolah (UAS) mata pelajaran matematika yang diujikan di SMP Negeri 1 Wonosari pada tahun pelajaran 2011/2012, adapun dalam validasi ini akan dibahas bagaimana tingkat kesukaran butir soal, keberfungsian distraktor, validitas item dan reliabilitasnya melalui metode penelitian deskriptif kualitatif. Setelah dilakukan penelitian dapat diketahui bahwa ditinjau dari tingkat kesukarannya sebagian besar butir soal yang diujikan masuk kategori mudah dan dari segi keberfungsian distraktornya masih banyak distraktor yang belum dapat menjalankan fungsinya dengan baik sehingga peserta tes dapat dengan mudah memilih kunci jawaban yang disediakan hal ini menyebabkan butir soal yang diujikan sebagian besar dapat dijawab dengan benar oleh peserta tes. Sementara itu jika ditinjau dari segi validitas itemnya sebagian besar butir soal yang diujikan tidak valid sehingga perangkat tes yang diujikan tidak memiliki keakuratan dalam mengukur apa yang seharusnya diukur, sedangkan dari tingkat reliabilitasnya perangkat tes yang diujikan tidak reliabel
Kata Kunci: Tingkat Kesukaran Butir Soal, Keberfungsian Distraktor, Validitas Item dan Reliabilitas
Download berkas