Penulis / NIM
IDA AYU PUTU PADMAWATI / 411408045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Abstrak
ABSTRAK
Padmawati, Ida Ayu Putu. 2012. Deskripsi Kualitas Tes Ujian Sekoalah Pada
Mata Pelajaran Matematika SD Se-kecamatan Wonosari Tahun Pelajaran
2011/2012. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas MIPA Universitas
Negeri Gorontalo. Pembimbing utama Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd
Pembimbing pendamping Dr. Abd. Djabar Mohidin, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas tes ujian sekolah pada mata
pelajaran matematika SD se-kecamatan wonosari tahun pelajaran 2011/2012.
Untuk dapat mengetahui kualitas tes ujian sekolah pada mata pelajaran
matematika, salah satunya dapat digunakan analisis butir soal yang mencakup
analisis tingkat kesukaran, distraktor, validitas dan reliabilitas.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kuantitatif
yaitu untuk mendeskripsikan mengenai kualitas tes ujian sekolah pada mata
pelajaran matematika yang akan diteliti. Populasi pada penelitian ini adalah paket
tes ujian sekolah 2 tahun terakhir, dengan sampel adalah paket tes ujian sekolah
tahun pelajaran 2011/2012 yang ditentukan dengan purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas tes kurang baik, dilihat dari analisis
tingkat kesukaran diperoleh banyak butir soal yang tergolong mudah
dibandingkan dengan soal yang tergolong sedang dan sukar. Ditemukan untuk
persentase soal yang tergolong mudah untuk masing-masing sekolah berturutturut
SDN 01 sebanyak 13%, SDN 03 sebanyak 59%, SDN 06 sebanyak 74%,
SDN 07 sebanyak 62%, SDN 12 sebanyak 51%, dan SDN 28 sebanyak 20% dari
jumlah soal sebanyak 39 butir. Analisis distraktor juga menggambarkan kualitas
tes kurang baik berdasarkan hasil penelitian option yang dipasang sebagai
distraktor ada beberapa yang tidak dapat menjalankan fungsinya. Dari 117
distraktor yang dipasang untuk masing-masing sekolah terlihat sebanyak 21,37%
yang tidak berfungsi di SDN 01 Wonosari, 43,59% yang tidak berfungsi di SDN
03 Wonosari, 50,43% yang tidak berfungsi di SDN 06 Wonosari, 58,97% yang
tidak berfungsi di SDN 07 Wonosari, 39,16% yang tidak berfungsi di SDN 12
Wonosari, dan 23,08% yang tidak berfungsi di SDN 28 Wonosari. Analisis
validitas item soal yang diperoleh untuk masing-masing sekolah yaitu lebih
banyak soal yang tidak valid dibandingkan dengan soal yang valid, menunjukaan
kualitas tesnya juga belum baik. Ditemukan sebanayak 38% soal yang tidak valid
di SDN 01, 74% di SDN 03, 92% di SDN 06, 82% di SDN 07, 92% di SDN 12,
dan 85% di SDN 28 dari 39 butir soal. Pada analisis reliabilitas diperoleh rata-rata
dari koefisisen reliabilitas keenam sekolah adalah 0,60 yang berada pada kategori
sedang. Sehubungan dengan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa
kualitas tes yang digunakan pada ujian sekolah di Kecamatan Wonosari belum
baik. Sebab dari keempat analisis yang dilakukan belum mencapai hasil yang
maksimal baik analisis tingkat kesukaran, distraktor, validitas dan reliabilitas.
Kata Kunci : Kualitas tes, UAS
Download berkas