SKRIPSI

Penulis / NIM
IDA AYU PUTU PADMAWATI / 411408045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Abstrak
ABSTRAK Padmawati, Ida Ayu Putu. 2012. Deskripsi Kualitas Tes Ujian Sekoalah Pada Mata Pelajaran Matematika SD Se-kecamatan Wonosari Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing utama Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd Pembimbing pendamping Dr. Abd. Djabar Mohidin, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas tes ujian sekolah pada mata pelajaran matematika SD se-kecamatan wonosari tahun pelajaran 2011/2012. Untuk dapat mengetahui kualitas tes ujian sekolah pada mata pelajaran matematika, salah satunya dapat digunakan analisis butir soal yang mencakup analisis tingkat kesukaran, distraktor, validitas dan reliabilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kuantitatif yaitu untuk mendeskripsikan mengenai kualitas tes ujian sekolah pada mata pelajaran matematika yang akan diteliti. Populasi pada penelitian ini adalah paket tes ujian sekolah 2 tahun terakhir, dengan sampel adalah paket tes ujian sekolah tahun pelajaran 2011/2012 yang ditentukan dengan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas tes kurang baik, dilihat dari analisis tingkat kesukaran diperoleh banyak butir soal yang tergolong mudah dibandingkan dengan soal yang tergolong sedang dan sukar. Ditemukan untuk persentase soal yang tergolong mudah untuk masing-masing sekolah berturutturut SDN 01 sebanyak 13%, SDN 03 sebanyak 59%, SDN 06 sebanyak 74%, SDN 07 sebanyak 62%, SDN 12 sebanyak 51%, dan SDN 28 sebanyak 20% dari jumlah soal sebanyak 39 butir. Analisis distraktor juga menggambarkan kualitas tes kurang baik berdasarkan hasil penelitian option yang dipasang sebagai distraktor ada beberapa yang tidak dapat menjalankan fungsinya. Dari 117 distraktor yang dipasang untuk masing-masing sekolah terlihat sebanyak 21,37% yang tidak berfungsi di SDN 01 Wonosari, 43,59% yang tidak berfungsi di SDN 03 Wonosari, 50,43% yang tidak berfungsi di SDN 06 Wonosari, 58,97% yang tidak berfungsi di SDN 07 Wonosari, 39,16% yang tidak berfungsi di SDN 12 Wonosari, dan 23,08% yang tidak berfungsi di SDN 28 Wonosari. Analisis validitas item soal yang diperoleh untuk masing-masing sekolah yaitu lebih banyak soal yang tidak valid dibandingkan dengan soal yang valid, menunjukaan kualitas tesnya juga belum baik. Ditemukan sebanayak 38% soal yang tidak valid di SDN 01, 74% di SDN 03, 92% di SDN 06, 82% di SDN 07, 92% di SDN 12, dan 85% di SDN 28 dari 39 butir soal. Pada analisis reliabilitas diperoleh rata-rata dari koefisisen reliabilitas keenam sekolah adalah 0,60 yang berada pada kategori sedang. Sehubungan dengan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas tes yang digunakan pada ujian sekolah di Kecamatan Wonosari belum baik. Sebab dari keempat analisis yang dilakukan belum mencapai hasil yang maksimal baik analisis tingkat kesukaran, distraktor, validitas dan reliabilitas. Kata Kunci : Kualitas tes, UAS
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011