Penulis / NIM
KURNIA EKAWATI BOKINGS / 411408051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstrak
Bokings, Kurnia Ekawati. 2014. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Lingkaran Di SMP Negeri 1 Kabila. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dr. Tedy Machmud, M.Pd. Drs. Franky A. Oroh, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 216 orang dan tersebar dalam 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak. Kemudian, dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil random, kelas VIII C terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model problem based learning sedangkan kelas VIIIB sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk essay. Data yang didapatkan kemudian di analisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui data hasil kemampuan pemecahan masalah matematis dalam besaran-besaran statistik seperti rata-rata (mean), nilai tengah (median), nilai yang paling banyak muncul (modus), simpangan baku (standar deviasi), dan menggambarkannya dalam bentuk tabel distribusi frekuensi histogram. Sedangkan analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan uji ANAKOVA untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa F0 = 6,172 > Ftabel = 4,04 artinya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model problem based learning lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional".
Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Download berkas