SKRIPSI

Penulis / NIM
MACHFUD CESAR RAMDHANI BULUATI / 411408055
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Abstrak
Machfud Cesar Ramdhani Buluati, 2012: “Pengaruh Kemampuan Awal dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 3 Gorontalo”..Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd, (2) Drs. Perry Zakaria, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis dan mengkaji hubungan langsung kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa, hubungan langsung kemampuan awal terhadap motivasi belajar, untuk menganalisis dan mengkaji hubungan langsung pengaruh motivasi terhadap hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 3 Gorontalo kelas XI Ilmu Alam Tahun Pelajaran 2011-2012 sebanyak 199 orang yang tersebar pada 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara proportionate random sampling sebanyak 25% dari banyaknya populasi sehingga diperoleh sampel sebanyak 50 orang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan langsung positif antara kemampuan awal dan hasil belajar, motivasi belajar dan hasil belajar, dan juga antara kemampuawn awal dan motivasi belajar. Langkah awal yang digunakan adalah dengan mengadakan uji coba terhadap instrumen, untuk mengetahui apakah instrumen tersebut dapat digunakan dalam pengambilan data pada penelitian ini dengan menguji reliabilitas dan validitas. Selanjutnya diuji dengan pengujian normalitas galat taksiran dengan menggunakan uji Lilliefors dan uji linearitas menggunakan uji-F. Dari data yang ada, hasil pengujian menunjukkan bahwa data tersebut berdistribusi normal. Setelah itu diadakan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan ketiga hipotesis menunjukkan thitung > ttabel, yang berarti H1 diterima atau tolak H0. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh langsung dan positif antara kemampuan awal terhadap motivasi belajar, motivasi belajar terhadap hasil belajar, dan juga kemampuan awal terhadap motivasi belajar.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011