SKRIPSI

Penulis / NIM
MARIO ALRTER RONDONUWU / 411408056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
ABSTRAK Mario Alter Rondonuwu, NIM. 411408056. “PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. (SUATU PENELITIAN PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 GORONTALO)”. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi dimensi tiga. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMA Negeri 2 Gorontalo pada semester kedua untuk tahun pelajaran 2011/2012 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Tekhnik Simple Random Sampling. Dari dua kelas sampel yang terpilih, satu kelas menjadi kelas eksperimen, yaitu kelas yang diajar dengan model pembelajaran talking stick dan satu kelas sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hipotesis penelitian adalah Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran talking stick lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi dimensi tiga. Pengukuran hasil belajar matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Sebelum melakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas data dan homogenitas varians. Hasil pengujian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan sampel berasal dari populasi yang homogen. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = (n1 + n2 – 2). Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran talking stick lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi dimensi tiga. Kata kunci : Model pembelajaran talking stick, Dimensi tiga, Hasil Belajar.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011