SKRIPSI

Penulis / NIM
MARLIYAH IBRAHIM / 411408057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
NANCY KATILI / 0030097902
Abstrak
ABSTRAK Marliyah Ibrahim. Penerapan Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa (Suatu Penelitian di SMA Negeri 2 Gorontalo). SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematika siswa yang diajar dengan metode problem solving dengan hasil kemampuan penalaran matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, pada pokok bahasan Ruang Dimensi Tiga. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Gorontalo Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 273 orang dan tersebar dalam 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster random sampling. Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak. Kemudian, dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil random, kelas X6 terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan metode Problem Solving sedangkan kelas X4 sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen berupa tes kemampuan Penalaran mataematika siswa. Data yang didapatkan kemudian di analisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui data hasil kemampuan penalaran matematika siswa dianalisis melalui tabel dengan mempresentasekan rata-rata. Sedangkan analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil kemampuan penalaran matematika siswa yang diajar dengan metode Problem Solving lebih tinggi dari hasil kemampuan penalaran siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, dan metode Problem Solving efektif dalam mengajarkan pokok bahasan Ruang Dimensi Tiga. Kata Kunci : Metode Problem Solving, kemampuan Penalaran Siswa, Ruang Dimensi Tiga
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011