Penulis / NIM
MEMI ABD RAHMAN / 411408061
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Abstrak
ABSTRAK
MEMI ABD. RAHMAN, Nim 411408061 “ Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Creative Problem Solving Pada Materi Segitiga “ Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo 2008.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan Model Creative Problem Solving, hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi segitiga dapat meningkat.
Penelitian ini dilaksanakan di MTs Muhajirin Biluhu Tahun Ajaran 2011/2012. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 27 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang mengikutsertakan seorang guru pengamat. Hal ini dilakukan berdasarkan hasil tindakan pada siklus I belum mencapai criteria keberhasilan. Kriteria keberhasilan penelitian adalah 75% dari jumlah siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 65 keatas dan untuk kegiatan guru dan kegiatan siswa adalah 85% dari seluruh aspek yang diamati memperoleh kriteria bak.
Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa dari hasil belajar siswa dari 27 orang siswa yang diberi tes hanya 12 orang atau 44% yang mencapai kriteria ketuntasan belajar. Sehingga penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Hal ini dapat dilihat dari seluruh aspek kegiatan guru dan siswa rata-rata mencapai kriteria sangat baik dan baik sedangkan untuk hasil belajar siswa, dari seluruh siswa yang diberi tes terdapat 21 orang atau 78% yang mencapai ketuntasan belajar. Sehingga penelitian tindakan ini diakhiri pada siklus ini.
Download berkas