SKRIPSI

Penulis / NIM
MERLAN SASRANINGSI ALI / 411408062
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
ABSTRAK Merlan Sasraningsi Ali, (2012) “ Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIId pada materi Segitiga melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah di SMP Negeri 7 Gorontalo”. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. dibimbing oleh Prof.Dr. Nurhayati Abbas M.Pd dan Dewi R. Isa S.Pd M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIId pada materi segitiga di SMP Negeri 7 Gorontalo.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 7 Gorontalo, pada materi segitiga di kelas VIId dengan jumlah peserta didik 32 orang yang terdiri dari 16 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Hipotesis penelitian adalah model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi segitiga di kelas VIId SMP Negeri 7 Gorontalo. Dengan menggunakan lima fase atau tahapan dalam model pembelajaran masalah yakni fase (1) Mengorientasi peserta didik pada masalah, (2) Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, (3) Membimbing penyelidikan mandiri atau kelompok, (4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya/tugas serta memamerkannya, (5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Setelah dilakukan lima fase tersebut, dari data yang ada menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 40,62%. Peserta didik yang memperoleh nilai 70 ke atas (tuntas belajar) yakni dari pembelajaran siklus I menunjukkan 53,13%, meningkat menjadi 93,75% pada pembelajaran Siklus II, yang berarti hipotesis penelitian”model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi segitiga di kelas VIId SMP Negeri 7 Gorontalo” diterima. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, Segitiga
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011