SKRIPSI

Penulis / NIM
MEYSKE LATIF / 411408063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstrak
ABSTRAK Meyske Latif. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing pada Materi Luas Permukaan Prisma Tegak dan Limas di Kelas VIIIc SMP Negeri 7 Gorontalo. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Pembimbing I (Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd) dan Pembimbing II (Drs. Majid, M.Pd). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VIIIc SMP Negeri 7 Gorontalo pada materi luas permukaan prisma dan limas yakni ditunjukkan dengan daya serap siswa pada materi ini sebesar 63,5% . Hal ini di sebabkan karena model pembelajaran yang digunakan belum mamaksimalkan kompetensi siswa dalam menguasai materi yang diajarkan sehingga siswa masih pasif dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah “apakah dengan penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan prisma tegak dan limas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas pada materi luas permukaan prisma dan limas melalui model pembelajaran penemuan terbimbing. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas VIIIc SMP Negeri 7 Gororntalo tahun pelajaran 2010/2012. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 28 orang yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Tindakan penelitian dilaksanakan dalam dua sikilus dengan tahapan siklus menurut Kurt Lewin (dalam Uno, 2009: 109) yakni: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, dan (4) Evaluasi. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrument berupa lembar pengamatan dan tes hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan pada siklus I bahwa dari 28 orang yang dikenai tindakan hanya 18 orang atau 64,29% mendapatkan nilai 70 keatas yang memenuhi kriteria ketuntasan hasil belajar. Presentasi hasil belajar yag diperoleh siswa belum mencapai kriteria keberhasilan yang sudah ditetapkan. Jumlah dan presentasi ini meningkat pada siklus II, dimana dari 28 orang yang dikenai tindakan, 26 orang atau 92,86% memproleh nilai 70 keatas. Sehinnga indikator keberhasilan yang ditetapkan dipenuhi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan prisma dan limas. Hal ini terbukti dengan hasil evaluasi siklus I dan siklus II pada penelitian ini. Kata Kunci: Model pembelajaran penemuan terbimbing, hasil belajar meningkat,
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011