SKRIPSI

Penulis / NIM
MILAN HASAN / 411408064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
ABSTRAK Milan hasan. Nim 411408064. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keliling dan Luas Persegi Panjang Pada Siswa Kelas III SD Menggunakan Metode Tutor Sebaya Dengan Media Komik. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode tutor sebaya dengan media komik pada materi keliling dan luas persegi panjang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas III SDN No. 20 Dungingi Kota Gorontalo tahun pelajaran 2011/2012. Siswa yang dikenai tindakan kelas berjumlah 38 orang yang terdiri dari 18 laki-laki dan 20 perempuan. Keseluruhan siswa tersebut mempunyai kemampuan yang bervariasi, mulai dari siswa yang berkemampuan rendah, sedang, hingga siswa yang berkemampuan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan siklus I, hasil observasi kegiatan guru mencapai 86,67%, observasi kegiatan siswa kelompok 1 mencapai 72,73%, kelompok 2 mencapai 82,61%, kelompok 3 mencapai 83,33%, kelompok 4 mencapai 82,61%, kelompok 5 mencapai 73,91%, kelompok 6 mencapai 72,73% sedangkan untuk hasil belajar siswa mencapai 78,95%. Pada kegiatan siklus II, hasil observasi kegiatan guru mencapai 93,55%, observasi kegiatan siswa kelompok 1 mencapai 92%, kelompok 2 mencapai 91,67%, kelompok 3 mencapai 91,67%, kelompok 4 mencapai 92%, kelompok 5 mencapai 91,67%, kelompok 6 mencapai 92%, kelompok 7 mencapai 91,67%, sedangkan untuk hasil belajar siswa mencapai 86,84%. Berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran telah berhasil karena sudah sebagian besar siswa mampu meningkatkan hasil belajarnya. Dengan demikian bahwa Hipotesis Penelitian “jika dalam pembelajaran materi keliling dan luas persegi panjang menggunakan metode tutor sebaya dengan media komik, maka hasil belajar siswa akan meningkat’’, dapat diterima. Kata kunci: hasil belajar, keliling dan luas persegi panjang, metode pembelajaran,                     media komik
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011