SKRIPSI

Penulis / NIM
MUHAMAD NASIR HONDANGO / 411408067
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Pembimbing 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstrak
Muhamad Nasir Hondango, 2013. Meningkatkan Hasil Belajar matematika Siswa Kelas X8 Madrasah Aliyah Negeri Model Gorontalo pada Materi Logika Matematika Melalui Pendekatan Konstruktivisme. Skripsi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing (1): Dr. H. Ali Kaku, M.Pd dan Pembimbing (2): Hj. Novianita Achmad, S.Si, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X8 Madrasah Aliyah Negeri Model Gorontalo khususnya pada materi logika matematika melalui pendekatan konstruktivisme. Subjek penelitian terdiri atas 6 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas empat komponen yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes akhir Siklus I, tes akhir Siklus II dan lembar observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah sebagai berikut : skor rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas X8 Madrasah Aliyah Negeri Model Gorontalo yang diperoleh pada siklus I bahwa 15 dari 23 siswa yang dikenakan tindakan atau 65,2% memperoleh nilai 75 keatas dan dinyatakan tuntas belajar, sedangkan pada siklus II, 21 dari 23 siswa yang dikenakan tindakan atau 91,3% memperoleh nilai 75 keatas dan dinyatakan tuntas belajar, sedangkan 2 orang siswa atau 8,7% memperoleh nilai kurang dari 75 sehingga dinyatakan tidak tuntas belajar . Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan jumlah frekuensi siswa yang semakin meningkat yakni pada Siklus I 15 siswa (65,2%) dan Siklus II 21 siswa atau 91,3%. Jadi kesimpulannya bahwa pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas X8 Madrasah Aliyah Negeri Model Gorontalo khususnya pada materi logika matematika. Kata kunci: Hasil Belajar Matematika dan Pendekatan Konstruktivisme
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011