Penulis / NIM
NIZRAN PAPUTUNGAN / 411408071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dr TRISNAWATY JUNUS BUHUNGO, S.Pd, M.Pd / 0018097605
Abstrak
Nizran Paputungan. Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Limas Melalui Model Pengajaran Langsung. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan koneksi matematis siswa pada kelas VIII A di MTs. Negeri Kotamobagu Selatan khususnya pada materi bangun ruang limas melalui model pengajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru mata pelajaran matematika dan peneliti. Penelitian ini berlangsung pada 15 mei 2013 sampai 30 mei 2013.
Model pengajaran langsung merupakan model yang dirancang untuk meningkatkan penguasaan berbagai keterampilan dan pengetahuan faktual yang dapat diajarkan secara langkah demi langkah. Salah satu keterampilan yang dikembangkan adalah koneksi. Pemahaman siswa akan lebih mendalam jika siswa dapat mengkoneksikan antara konsep yang telah diketahui siswa dengan konsep baru yang akan dipelajari siswa. Hasil dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa koneksi matematis siswa dapat ditingkatkan melalui model pengajaran langsung. Hal ini ditandai dengan. (1) tercapainya kriteria keberhasilan tindakan untuk masing-masing indikator, (2) tercapainya kriteria keberhasilan tindakan untuk koneksi matematis secara keseluruhan, (3) banyaknya siswa yang mencapai indikator kemampuan koneksi matematis dengan memperoleh skor kriteria minimal 70% dari skor ideal, yakni sebanyak ?80% dari keseluruhan siswa yang dikenai tindakan.
Download berkas