Penulis / NIM
NURAL H DJ RAWEDI / 411408073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Abstrak
Nuralhikmah Sawedi, 2013. ”Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa dalam Menghitung Luas Segitiga melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada Siswa Kelas X-2 SMAN 3 Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan analisis siswa kelas X-2 SMA Negeri 3 Gorontalo pada materi Luas Segitiga dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-2 SMA Negeri 3 Gorontalo, yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan hanya dalam 1 siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, serta tahap analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dan pemberian kuis pada setiap akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I ini 24 dari 25 siswa (96%) yang dikenai tindakan memperoleh nilai 79 ke atas. Persentase keberhasilan siswa pada siklus I ini telah mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Oleh karena itu tidak perlu adanya lanjutan sikls kedua. Tercapainya kriteria keberhasilan, disebabkan kegiatan guru dan siswa mencapai 99,99% pada kategori Sangat Baik dan Baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Jika menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions), maka kemampuan anlisis siswa kelas X-2 SMA Negeri 3 Gorontalo tahun 2011/2012 akan meningkat”.
Download berkas