SKRIPSI

Penulis / NIM
NURHAYATI HUNOWU / 411408074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
NANCY KATILI / 0030097902
Abstrak
ABSTRAK Nurhayati Hunowu. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik (Suatu Penelitian di SMP Negeri I Bonepantai). SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan komunikasi matematik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan kemampuan komunikasi matematik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, pada pokok bahasan layang – layang dan trapesium. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bonepantai Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 110 orang dan tersebar dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster simple random sampling. Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak. Kemudian, dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil random, kelas VIII2 terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray sedangkan kelas VIII3 sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan dan tes kemampuan komunikasi matematik. Data yang didapatkan kemudian di analisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui lembar pengamatan pengelolaan guru dalam pembelajaran dan aktivitas siswa dalam pembelajaran serta data kemampuan komunikasi matematik dianalisis melalui tabel dengan mempresentasekan rata-rata. Sedangkan analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray lebih tinggi dari kemampuan komunikasi matematik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, dan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray lebih efektif dalam mengajarkan pokok bahasan layang – layang dan trapesium. Kata Kunci : Model Pembelejaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Keefektifan pembelajaran, layang – layang dan trapesium ?
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011