Penulis / NIM
NURHUDA PASISINGI / 411408076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Abstrak
ABSTRAK
Nurhuda Pasisingi, NIM. 411408076. “PENGARUH PENERAPAN METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGI EMPAT. (SUATU PENELITIAN PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KABILA)”. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional, pada pokok bahasan keliling dan luas segi empat. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kabila pada semester kedua untuk tahun pelajaran 2011/2012 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kabila. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Tekhnik Cluster Simple Random Sampling. Dari sampel yang terpilih, satu kelas menjadi kelas eksperimen, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri dan satu kelas sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional.
Hipotesis penelitian adalah Hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada materi segi empat. Pengukuran hasil belajar matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen.
Analisis data untuk menguji hipotesis pada penelitian ini digunakan uji t. Pengujian menunjukkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional pada materi segi empat.
Kata kunci : Metode Inkuiri, Segi Empat, Hasil Belajar.
Download berkas