Penulis / NIM
RAHMA HAMSIR / 411408083
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
ABSTRAK
Rahma Hamsir, NIM. 411408083. Penerapan Teori Balajar Van Hiele Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Segitiga (suatu penelitian pada siswa kelas VII di SMP Negeri 10 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan menggunakan teori belajar Van Hiele dan yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi segitiga pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Gorontalo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah porposiv sampling. Sampel yang terpilih kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 27 orang yang diajarkan menggunakan teori belajar Van Hiele dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 24 orang yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Data penelitian diperoleh dari instrumet tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mendapatkan gambaran umum yang diperoleh melalui daftar distribusi frekuensi dan analisis inferensial digunakan untuk menguji hipotesis. Dalam penelitian ini pengujian hipotesis menggunakan statistik uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa diajarkan menggunakan teori belajar Van Hiele lebih tinggi dibandingkan menggunakan pembelajaran konvensional.
Kata kunci : teori belajar Van Hiele, kemampuan pemecahan masalah, segitiga
Download berkas