SKRIPSI

Penulis / NIM
RAHMAWATI / 411408084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
ABSTRAK Rahmawati : Pengembangan Lks Berbasis Matematika Realistik Pada Sub Pokok Bahasan Luas Permukaan Dan Volume Kubus Dan Balok. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan lembar kerja siswa berbasis matematika realistik pada pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok yang valid, praktis, dan efektif; (2) mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan berbasis matematika realistik pada pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan melalui uji coba pengembangan yang merujuk pada model Four-D Thiagarajan dkk. (1974), dengan tahapan define, disign, develop, dan disseminate. Pengumpulan data diperoleh dari hasil validasi dan hasil angket respon siswa. Dari hasil validasi ahli menunjukan bahwa melalui tahapan revisi dari LKS berdasar penilaian validator berkriteria valid. Hasil angket respon siswa menunjukkan bahwa secara umum aspek respon siswa telah mencapai lebih dari 80% atau termasuk kriteria baik. Dari data angket respon siswa disimpulkan bahwa untuk penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) telah mencapai kriteria kepraktisan. LKS yang telah divalidasi dan direvisi tersebut dianggap telah memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan sehingga dapat digunakan pada pelaksanaan pembelajaran berbasis matematika realistik untuk pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) lembar kerja siswa yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan valid dan praktis; (2) dari hasil data angket respon siswa terhadap LKS berbasis matematika realistik pada pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok di peroleh persentasi lebih dari 80%. Hal ini berarti bahwa pembelajaran yang dilakukan sudah termasuk kategori efektif. Kata kunci : Lembar Kerja Siswa, Berbasis Matematika Realistik
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011