Penulis / NIM
RAHMAWATI / 411408084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
ABSTRAK
Rahmawati : Pengembangan Lks Berbasis Matematika Realistik
Pada Sub Pokok Bahasan Luas Permukaan Dan Volume Kubus Dan
Balok. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan lembar kerja siswa
berbasis matematika realistik pada pokok bahasan luas permukaan dan
volume kubus dan balok yang valid, praktis, dan efektif; (2) mengetahui
efektifitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan berbasis
matematika realistik pada pokok bahasan luas permukaan dan volume
kubus dan balok. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan
(Research and Development) yang menggunakan metode deskriptif
kualitatif, dan melalui uji coba pengembangan yang merujuk pada model
Four-D Thiagarajan dkk. (1974), dengan tahapan define, disign, develop,
dan disseminate. Pengumpulan data diperoleh dari hasil validasi dan hasil
angket respon siswa. Dari hasil validasi ahli menunjukan bahwa melalui
tahapan revisi dari LKS berdasar penilaian validator berkriteria valid.
Hasil angket respon siswa menunjukkan bahwa secara umum aspek
respon siswa telah mencapai lebih dari 80% atau termasuk kriteria baik.
Dari data angket respon siswa disimpulkan bahwa untuk penggunaan
Lembar Kerja Siswa (LKS) telah mencapai kriteria kepraktisan. LKS yang
telah divalidasi dan direvisi tersebut dianggap telah memenuhi kriteria
kevalidan dan kepraktisan sehingga dapat digunakan pada pelaksanaan
pembelajaran berbasis matematika realistik untuk pokok bahasan luas
permukaan dan volume kubus dan balok. Kesimpulan dari penelitian ini
adalah (1) lembar kerja siswa yang dikembangkan dalam penelitian ini
dikategorikan valid dan praktis; (2) dari hasil data angket respon siswa
terhadap LKS berbasis matematika realistik pada pokok bahasan luas
permukaan dan volume kubus dan balok di peroleh persentasi lebih dari
80%. Hal ini berarti bahwa pembelajaran yang dilakukan sudah termasuk
kategori efektif.
Kata kunci : Lembar Kerja Siswa, Berbasis Matematika Realistik
Download berkas