SKRIPSI

Penulis / NIM
RANTIN ZAKARIA / 411408086
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstrak
ABSTRAK Rantin Zakaria. 411408086. Skripsi. Meningkatkan Pemahaman konsep pada operasi penjumlahan pecahan melalui media pembelajaran. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep pada materi penjumlahan pecahan di Kelas IV SDN 103 Kota Utara Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 103 Kota Utara yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Analisis data dilakukan melalui analisis terhadap hasil observasi dan hasilnya digunakan untuk merefleksi diri apakah anak sudah meningkat pemahaman konsepnya. Hasil analisis ini akan digunakan untuk merencanakan tindakan pada setiap siklus. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa 17 orang siswa dari 24 orang siswa atau 70,83% yang dikenakan tindakan memperoleh nilai 65 keatas. Persentase keberhasilan siswa pada siklus I ini belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, untuk itu perlu dilanjutkan kesiklus berikutnya. Belum tercapainnya indikator kinerja, disebabkan kegiatan guru mencapai 83,3% dan aktivitas siswa hanya mencapai 78,6% pada kategori baik dan sangat baik. Berdasarkan kekurangan pada siklus I maka dilaksanakan perbaikan strategi pembelajran pada siklus II. Ternyata hasil tindakan pada siklus II menunjukan bahwa dari 24 orang siswa yang dikenakan tindakan, 21 orang siswa atau 87,5% memperoleh nilai 65 keatas. Disebabkan kegiatan guru mencapai 94,7% dan aktivitas siswa mencapai 93,7%. Sehingga indikator kinerja yang ditetapakan dipenuhi. Dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis penelitian : ”Jika dalam pembelajaran materi operasi penjumlahan pecahan menggunakan media pembelajaran, maka pemahaman konsep siswa akan meningkat”, dapat diterima. Kata Kunci : Pemahaman konsep, Penjumlahan pecahan, Media blok pecahan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011